Bakmi Gang Kelinci Legenda Mie Ayam dari Pasar Baru

sumber foto: wikimedia.org

Daerah Pasar Baru ada sebuah jalan terkenal bernama gang Kelinci. Nama jalan ini telah menjadi sebuah judul Gang Kellinci yang dinyanyikan oleh Lilis Suryani, penyanyi cilik di jamannya. Bakmi Gang Kelinci dari tahun 1967 hingga sekarang tidak berubah. Wanita Tionghoa Nyonya Fatmawati merupakan peracik rasa Bakmi Gang Kelinci yang orisinal. Sampai saat ini racikan kecap asin dan minyak sayur masih digunakan, tutur Hesti, sang penggung jawab Bakmi Gang Kelinci cabang pusat.

foto: bakmigangkelinci.com

Sajian kuliner Bakmi Gang Kelinci adalah mie ayam yang dijamin halal dengan kompisisi minyak sayur bukan minyak bawang atau minyak ayam. Sedangkan topping ayam menggunakan bumbu ayam rasa manis dan kecap dan terdapat juga taburan jamur. Kuah kaldu ayam mengandalkan khas masakan china yakni tong cai (sawi kering yang diasinkan) yang membuatnya memberikan rasa asin ketika dituangkan kedalam mangkok mie.

Kekhasan lainnya adalah pada mie yang memiliki tekstur kecil-kecil sedikit kenyal dengan bumbu gurih yang direbus setengah matang sehingga tidak terlalu lembek. Kamu juga bisa menambahkan topping lain seperti bakso dan pangsit goreng/rebus.

Resto Bakmi Gang Kelinci juga menawarkan sajian kuliner lainnya dengan menu oriental seperti mie goreng, nasi goreng dan lainnya. Jadi kamu bisa menikmati makanan jenis lainnya.

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published.