Cara membuat Kecap Asin untuk Mie Ayam

Garam saja tidak cukup untuk meberikan rasa asin pada masakan. Kecap asin selalu menjadi alternatif diberikan pada racikan mie ayam, bubur ayam, bakso atau kuliner lain yang berkuah. Ternyata kita juga bisa membuat kecap asin sendiri di dapur. Kecap asin buatan sendiri bisa jadi merupakan ciri khas pedagang mie ayam karena lebih leluasa menampilkan rasa yang diinginkan.

Berikut adalah cara membuat kecap asin sederhana di dapur. Dibawah adalah bahan yang dibutuhkan.

4 sdm kecap manis
4 siung bawang merah
1 1/2 sdt garam
Penyedap rasa (opsional)

Iris tipis semua bawang merah
Panaskan satu sendok makan minyak sayur pada wajan untuk menumis bawang. Bawang boleh digoreng agak sedikit gosong untuk mendapatkan aroma asap. Kemudian masukkan kecap manis dan tunggu hingga keluar gelembung. Tambahkan garam dan masukkan dua gelas air lalu diaduk rata. Tunggu hingga mendidih.

Masukkan kedalam botol setelah kecap asin dingin. Dengan membuat kecap asin sendiri, kita bisa mengatur tinggi keasinan sesuai selera. Mungkin ini menjadi alasan kenapa racikan mie aym yang telah diberikan kecap asin masih ditambahkan garam.

Masih penasaran cara membuat kecap asin di dapur? Simak video pepmbuatan kecap asin ala Pawon Kitchen dibawah ini.

Tested – Dengan membuat kecap asin sendiri mka kita bisa mengatur tingkat keasinannya. Rasa bawang cukup terasa jika cenderung manis (karena kecap manis terlampau banyak) maka rasa menyerupai kuah semur. Maswes menambah penyedap saus tiram untuk memberikan rasa seafood.

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published.