Ini Kecap Asin Yang Sesuai Untuk Mie Ayam?

Kecap asin yang digunakan pedagang mie ayam sepertinya agak spesial. Kenapa? Maswes beberapa bereksperimen membuat mie ayam menggunakan kecap asin ABC yang dianggap memiliki paling dasar untuk sebuah rasa kecap asin. Dan menurut maswes, kecap asin ABC memang memiliki cita rasa asin murni, jadi memang rasa asin jadi dominasinya. Kemudian mengenal kecap ikan dari youtuber Koko Kuliner dan ternyata di dapur sudah ada kecap ikan King Fish. Kecap ikan memiliki rasa seperti kecap asin dengan rasa asin dengan kadar lebih tinggi dengan tambahan aroma ikan yang menyeruak. Secara bentuk, mirip dengan kecap asin. Akhirnya pada beberapa racikan mie ayam menggunakan campuran kecap asin dan kecap ikan. Rasa kedua kecap ini cukup membuat cita rasa mie ayam berbeda dari yang umumnya dijual.

Sayangnya, rasa medok asin yang sangat tinggi membuat harus kita berhati-hati menggunakan campuran kedua jenis kecap ini. Terlebih kecap ikan memiliki kadar garam sangat tinggi. Namun ada yang kurang dari kedua bahan ini yakni memberikan rasa asin berlebihan dan sehingga malah menghilangkan rasa gurih dari topping ayam.

Dikesempatan lain, maswes mencicipi kecap asin dua angsa yang banyak digunakan penjaja mie ayam maupun bubur ayam. Rasanya mirip dengan kecap ikan namun jauh lebih light mirip seperti campuran kecap asin dengan sedikit kecap ikan.

Semua rasa kecap asin diatas ternyata tidak mencerminkan rasa pada umumnya di racikan mie ayam.

Maswes juga menemukan kebanyakan racikan mie ayam tetap menambahkan garam padahal sudah diberikan kecrotan kecap asin. Secara logika ini akan menambahkan rasa asin yang berlebihan namun nyata tidak juga. Kesimpulan awan berrti kecap asin yang dituangkan ke mangkok mie telah di-intervensi atau boleh jadi para pedagang mie ayam meracik sendiri kecap asin sehingga memiliki rasa spesial dan khas.

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published.