Mengenal Manfaat dan Cara Membuat Air Abu untuk Mie

Kamu pecinta mie ayam pasti menyukai jenis mie yang kenyal dan padat. Ada beberapa jenis bahan kimia untuk makanan yang memberikan sifat kenyal seperti Bleng, Boraks dan Air Abu. Khusus untuk bleng dan boraks sudah diharamkan dalam olahan makanan. Sebagai alternatif air abu merupakan pengenyal makanan yang tergolong aman untuk dikonsumsi.

Air abu atau air alkali atau iye water tidak hanya digunakan pada olahan mie akan tetapi juga pada pembuatan lontong, ketupat dan juga bacang yang membutuhkan tekstur kenyal.

Air abu memiliki bentuk seperti air bening biasa dan mudah diperoleh di toko bahan kue makanan atau di pasar tradisional. Kamu juga bisa membuat air abu dengan mudah. Bakar merang (tangkai dan kulir beras) atau daun pisang kering hingga menjadi abu kemudian rendam dalam air bersih selama 2 sampai 3 hari. Setelah itu ambil air rendaman tanpa menyertakan abu. Jika sulit mendapatkan merang, kamu bisa menggunakan abu gosok yang digunakan untuk membersihkan peralatan dapur.

Sebenarnya untuk mendapatkan tekstur kenyal tidak melulu menggunakan bahan pengenyal tetapi dengan menggunakan bahan dan ukuran yang tepat, kekenyalan mie dapat diperoleh seperti keinginan pembeli. Jadi buat kamu yang masih ragu dengan air abu bisa mencari pedagang mie ayam yang tidak menggunakan air abu pada olahan mie-nya.

Berikut cara pembuatan air abu yang diperoleh dari channel Tukang masak.

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published.