Mesin Giling Mie Engkol Manual

Mau membuat mie butuh peralatan masak khusus yakni mesin giling mie engkol atau manual yang cocok untuk kebutuhan dapur rumah tangga. Walaupun beberapa jenis mesin gililng mie ukuran besar sudah menggunakan motor listrik.

Maswes sudah punya mesin giling mie versi engkol yang dibeli beberapa tahun lalu. Masih ingat, waktu setelah resign dari kantor dan nganggur, sudah siap-siap untuk jualan mie ayam. Namun batal karena kadung dapat pekerjaan lagi. Penampakan dus perkakas terlihat berdebu tapi isinya masih mengkilap.

Mesin giling mie umumnya memiliki kemampuan sebagai gilingan pemipih adonan mie dan gilingan pengurai adonan yang menjadi helaian mie. Karena versi engkol, maka mesin ini memang dilengkapi engkol untuk memutar sililnder pemipih adonan dan silinder pembuat mie.

Cara kerjanya pun cukup sederhana masukkan adonan yang telah dipipih sebelumnya agar mudah masuk ke mulut penggiling. Pada penggiling pemipih terdapat beberapa ukuran ketebalan yang dicantumkan dalam angka 1,2,3,4, dan 5. Ukuran nomor 5 adalah yang paling tebal dan nomor 1 paling tipis atau sebaliknya, tergantung merk. Pemipihan dimulai dari ukuran yang tebal kemudian ke ukuran lebih tipis. Sedangkan ketebalan mie tergntung oleh keinginan pembuatnya. Selanjutnya pindahkan engkol pada lubang gilingan mie atau pasta. Biasanya ada dua ketebalan mie tebal 5mm dan tipis 2mm. Ukuran tebal biasanya untuk pembuatan pasta. Untuk membuat kulit pangsit tidak perlu menggunakan penggiling mie.

Dengan harga hemat, mesin gililng mie engkol memiliki kelemahan yakni dimensi pegangan atau holder sulit mencengkram landasan agar mesin tetap kokoh tidak bergerak saat kamu memutar engkol. Jika adonan terigu terlalu kering, maka mesin berisiko berubah posisi karena kamu mengengkolnya menjadi lebih berat. Jadi pastikan holder mencengkram landasan (biasanya pinggiran meja) dengan ketat.

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published.