MSG, Mecin, Micin, Bumbu Penyedap Rasa Yang Selalu Hadir di Kuliner Mie Ayam

Tampilan MSG berbentuk bubuk puih sederhana, banyak dijumpai di dapur.

Kebanyakan racikan mie ayam selalu dilengkapi dengan bumbu penyedap MSG atau vetsin, sehari-hari sering disingkat menjadi MECIN atau micin. Tanpa penyedap ini, cita rasa mie ayam terasa kurang nikmat. Karen memang kebanyakan pedagang mie ayam mengandalkan kekuatan rasa gurih dari MSG.

Beberapa konsumen mie ayam yang paham cenderung meninggalkan pemakaian MSG dengan alasan kesehatan. Walaupun kasus gangguan kesehatan akibat mengkonsumsi MSG sebenarnya belum dapat dibuktikan sepenuhnya. Tentu saja pemakain yang berlebihan akan memberi dampak jangka pangka. Namun apapun yang dikonsumsi berlebihan pasti memberi dampak bagi kesehatan, tidak peduli itu MSG atau jenis makanan lainnya. Toh, pemerintah Jepang sampai saat ini belum meminta pabrik Sasa, Ajinomoto untuk menghentikan produksi MSG.

Apakah aman menggunakan MSG sebagai penyedap? Memang telah menjadi kontroversi soal ini bahkan ada sindrom yang dikenal dengan Chinese Restaurant Syndrome. Namun jangan khawatir hampir 80 persen masyarakat dunia menggunakan penyedap ini untuk menaikkan cita rasa masakannya. Kembali lagi, seberapa besar penggunaan penyedap ini dalam masakan.

Apa itu MSG? MSG adalah singkatan dari Monosodium Glutamat merupakan salahsatu rekayasa kuliner dari ilmuwan Jepang, Profesor Kikunae, untuk memberikan cita rasa gurih dengan mengisolasi asam glutamat. Mecin nama lain dari MSG juga mengandung kadar garam sebagai penyeimbang. Asam amino glutamat sebenarnya dapat dijumpai hampir bahan dasar makanan alami berprotein tinggi seperti daging, ikan, susu dan juga sayuran.

Ajinomoto merupakan pabrik pelopor pembuat MSG yang diprakarsai oleh profesor Ikeda dan Suzuki bersaudara di tahun 1909. Terjemahan Ajinomoto sendiri adalah “cita rasa atau intisari rasa”.

Jika kamu tidak ingin meninggalkan rasa mecin yang nikmat, bilang saja ke abang mie ayam “Bang, mecin nya jangan banyak-banyak ya!”. Tanpa mecin sepertinya mie ayam ada yang kurang gitu 🙂

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published.