Inovasi Berjualan Mie Ayam Mentah Karena Covid-19

Pandemi Covid-19 sudah mulai berdampak ke perekonomian dan finansial. Di PHK karena perusahaan sudah tidak lagi mampu beroperasi akibat Covid-19 bukan menjadi pembenaran untuk meratapi nasib. Khoirul, seorang mantan karyawan perusahaan furnitur di Kendal, Jawa Tengah, tidak menyerahkan nasibnya begitu saja. Dia berinovasi berjualan mie ayam mentah dengan cara online dan mulai meraup untuk hingga Rp500 ribu perhari.

Di rumahnya di Gang Cempedak 2 Kelurahan Kebondalem Kota Kendal, Muhamad Khoirul Daru bersama istrinya Supariah mengemas mie mentah, sayuran dan ayam yang sudah dimasak ke dalam wadah plastik dan mika.

Muhamad Khoirul Daru dulunya karyawan perusahaan yang bergerak di bidang furniture di wilayah Semarang dan tidak lagi bekerja karena sudah di-PHK. Perusahaannya terpaksa tutup karena dampak virus covid-19, sehingga seluruh karyawannya di-PHK. Lelaki 27 tahun ini tidak mau terpuruk karena tidak lagi bekerja, bersama istrinya mencoba berinovasi membuat makanan siap saji.

Berbekal pengalaman kakaknya yang berjualan mie ayam bakso, Muhamad Khoirul Daru mempunyai ide berjualan mie ayam namun tidak dalam keadaan matang. Menggunakan mie keriting yang dipesan dari kakaknya, ia mengemasnya dengan sayuran, minyak dan ayam yang sudah dibumbui dalam sebuah mika.

“Idenya muncul saat kakak saya berjualan mie ayam, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saya coba berinovasi membuat mie ayam tetapi tidak siap makan. Bahannya mie keriting, sayuran yang matang hanya ayam berbumbu saja,” jelasnya saat ditemui dirumahnya Senin (20/04/2020).

Mie ayam mentah ini kemudian dipasarkan melalui media sosial, karena ia tidak memiliki tempat untuk berjualan. Mengandalkan pesanan melalui media sosial mie ayam yang sudah dikemas ini diantar ke pemesannya setiap hari.

“Saya pasarkan melalui facebook, grup whatsap dan alhamdulillah peminatnya banyak. Saya biasanya mengantarkan ke pemesan yang tidak jauh dari rumah saja,” imbuhnya.

Satu bungkus mie ayam mentah, yang tinggal direbus ini dijual dengan harga Rp5.000 dan mie ayam inovasinya kuat disimpan dua hari di dalam lemari es. Dalam sehari ia mendapat pesanan 100 bungkus mie ayam mentah dan bisa mencukupi kebutuhan sehari-harinya.

Muhamad Khoirul Daru mengaku, disaat pandemi covid 19 banyak orang yang tidak keluar rumah sehingga kondisi ini dimanfaatkan dengan berjualan makanan siap antar ke pembelinya.

“Khan sekarang banyak yang tidak keluar rumah takut corona, makanya saya berjualan lewat medsos dan siap antar,” pungkasnya.


Artikel ini sudah Terbit di AyoSemarang.com, dengan Judul Di PHK karena Covid-19, Khoirul Jualan Mie Ayam Mentah, pada URL https://www.ayosemarang.com/read/2020/04/20/55607/di-phk-karena-covid-19-khoirul-jualan-mie-ayam-mentah

Penulis: Edi Prayitno
Editor : Abdul Arif

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published.